Friday, December 31, 2010

Pulau Tujuh Gunung



ORANGESTATE.ED

Sebuah pulau kecil di Kepulauan Aleutian, memiliki keunikan karena merupakan titik paling timur sekaligus paling barat di Amerika Syarikat. Bukan hanya sekadar itu, pulau tersebut unik karena mempunyai tujuh gunung, sesuai dengan namanya, Semisopochnoi.

 Puncak gunung tersebut adalah Cerberus, Sugarloaf, Lakeshore Cone, Anvil, Pochnoi, Ragged Top, dan Three-quarter Cone.  Jaraknya kira-kira 2,050 kilometer di barat-barat daya Anchorage, Alaska,  Semiopochno terletak berhampiran 180 darjah longitud, dalam kumpulan Rat Islands di kawasan barat  Aleutian Islands.  Pulau ini juga merupakan tempat yang penting untuk pembiakan burung-burung laut di kawasan Pasifik Utara.

Alaska's Semisopochnoi Island

Pulau Semiopochoi. Kredit: NASA Earth Observatory

  Puncak tertinggi di pulau tersebut adalah Anvil yang memiliki ketinggian 1.221 meter. Gunung Api Cerberus setinggi 774 meter dan punca gunung berapinya tumbuh dari dasar laut.Aktiviti gunung berapi yang besar pernah dicatat adalah dari Cerberus pada tahun 1873.  Sementara itu,  aktiviti terakhir yang terjadi di pulau ini adalah letusan Sugarloaf, tahun 1987.

Kehidupan burung di kawasan ini pernah terancam karena memperkenalkan rubah arktik sejak abad ke-19 untuk dimanfaatkan bulunya. Pada tahun 1997, dua rubah arktik terakhir telah dipindahkan agar burung mendapat tempat lebih aman.

Pulau ini adalah bahagian dari Alaska Maritime National Wildlife Refuge (AMNWR) dan sekarang ini memjadi tempat  lebih dari sejuta burung-burubg laut, terutama burung auklet.

Sumber: ouramazingplanet

No comments:

Post a Comment