Monday, March 14, 2011

Ledakkan Baru Di Rektor Nombur 3 Fukushima

 Badan Keamanan Nuklir Jepang melaporkan terjadi ledakan hidrogen di reaktor nuklir negara ini dan menyebabkan rusaknya reaktor ketiga di instalasi nuklir Fukushima.
 
Ledakan hidrogen itu terjadi hari ini (14/3) di reaktor nomor 3 pada pembangkit listrik nomor satu Fukushima. Demikian dilaporkan kantor berita Kyodo.

Ledakan pertama serupa terjadi pada reaktor nomor 1 pada Sabtu (12/3).

Para pejabat Jepang menyuntikkan air laut ke dalam reaktor nuklir Fukushima Ahad (14/3) dalam upaya mendinginkan temperatur reaktor tersebut.

Suhu reaktor tersebut saat ini kemungkintan telah merubah bentuk fisik reaktor tersebut namun tidak ada kebocoran. 

Muncul kekhawatiran baru atas terjadinya ledakan hidrogen pada reaktor lain dalam fasilitas tersebut, mirip dengan yang terjadi pada Sabtu.

Area evakuasi mencapai 20 km dari reaktor tersebut telah dilakukan sejak Sabtu setelah diperluas hingga 10 km.

Ledakan yang terjadi pada Sabtu dan hari ini itu merupakan dampak dari gempa berkekuatan 8,9 skala richter yang disusul dengan tsunami.

Lebih dari puluhan orang cedera akibat ledakan tersebut tapi pemerintah Jepang menyatakan bahwa tingkat radiasi di bawah batas legal.

Pemerintah Jepang saat ini tengah berjuang keras mengatasi pasca bencana Jumat yang memporak-porandakan wilayah utara negara itu.

Berdasarkan data terbaru, diperkirakan 10.000 orang teas dan puluhan ribu lainnya hilang akibat tusnami. 

Menyusul gempa dan tsunami di Jepang itu, indeks saham di pasar Asia menyusul para investor memprediksikan bahwa jumlah korban dan kerugian akan terus meningkat. 


Sumber: IRIB.ir

No comments:

Post a Comment